Menurunkan Tingkat Penularan Malaria Melalui MBS

    0
    13

    Kegiatan Mass Blood Survey malaria dan kaki gajah atau filariasis yang dilaksanakan di Poskesdes Tamunih. (FOTO : BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Saudara, Senin (16/10) malam Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab Tanah Bumbu (Tanbu) bekerjasama dengan Balai Litbang P2B2 ( Penelitian dan Pengembangan Pemberantasan penyakit Bersumber Binatang) Tanbu melakukan upaya pencarian dan penemuan penderita malaria melalui survey atau Mass Blood Survey (MBS) sekaligus pemeriksaan yang di pusatkn di Desa Tamunih, Kecamatan Kusan Hulu, Kab Tanah Bumbu.

    Kepala Dinkes Tanbu Dr. H.M. Damrah, S. Sos., M. Si melalui Sekretaris Dinkes Kartini, SKM, M.PH menyampaikan, pihaknya berupaya keras untuk menurunkan tingkat penularan malaria di daerah endemis tinggi dengan cara pengambilan darah,untuk menemukan penderita positif dan pengobatan yang tepat pada masyarakat wilayah sasaran. Adapun upaya tersebut diantaranya mengidentifikasi sedini mungkin penderita yang terserang penyakit malaria, memperoleh data kasus positif didesa sasaran, serta menurunkan sumber penularan dengan melakukan pengobatan radikal terhadap semua penderita positif. “Tim dari Litbang P2B2, akan melaporkan dengan cepat kepada Dinkes Tanbu mengenai hasil penelitian, yang kemudian sesuai kebijakan Kemenkes, pihak Dinkes lah yang melakukan pengobatan,” katanya.

    Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan agar kedepannya dapat memberikan pemeriksaan secara maksimal. Pihaknya juga berpesan agar masyarakat yang merasa demam hingga beberapa hari agar segera memeriksakan diri dan diberikan pengobatan. Selain itu, upaya yang lebih mendasar ialah dengan memelihara kebersihan lingkungan dan membiasakan hidup bersih dan sehat.*(BNews)