Dinkes Tanbu Berkomitmen Wujudkan Pemerataan Kesehatan

    0
    3

    Sekretaris Dinkes Tanbu, Kartini, SKM, M. PH. (FOTO : BNews)

    MENTEWE, BalarindangNews.com-Sebagai upaya untuk mewujudkan pemerataan kesehatan masyarakat Tanah Bumbu (Tanbu), Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanbu terus melakukan kegiatan pemahaman dan pelayanan kesehatan yang dirangkum dalam program pelayanan terpadu dengan menggelar sosialisasi dan pemeriksaan sejumlah penyakit, di Desa Gunung Raya, kecamatan Mentewe, kabupaten Tanbu, Selasa (17/10) siang.

    Sekretaris Dinkes Tanbu, Kartini, SKM, M. PH yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan, mengingat letak geografis yang merupakan daerah endemis malaria, maka ada tiga point pemeriksaan penyakit yang dilaksanakan di wilayah tersebut. “Ini kan merupakan daerah endemis malaria, yang pasti kita utamakan untuk pemeriksaan malaria melalui MBS. Selain itu, oktober merupakan bulan eliminasi kaki gajah dan bulan deteksi dini, maka di lakukan pula pemeriksaan kanker serviks dan payudara, serta pembagian masal obat kaki gajah,” terangnya.

    Lebih lanjut dijelaskan, bahaya kanker serviks dan payudara yang kadang justru terabaikan oleh para kaum wanita. Oleh karena itu, dalam kesempatan pemeriksaan kali ini, pihak Dinkes menghimbau agar warga masyarakat lebih perduli tentang kebersihan organ intim kewanitaan. “Kami harapkan kaum wanita lebih peduli dengan kesehatan organ intim, apabila tidak sempat menghadiri pemeriksaan saat ini, bisa pemeriksaan kanker serviks dan payudara setiap sabtu di puskesmas,” kata Kartini.

    Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan suspek yang terindikasi penyakit kanker serviks maupun payudara dapat cepat tertangani, salah satunya dengan terapi cryo yaitu terapi dingin dengan media jarum dengan temperatur di bawah 0 atau atau -100 C, “dengan deteksi dini, suspek yang terindikasi kanker dapat melakukan tindakan lanjutan dengan terapi cryo yang ada di puskesmas pagatan,” papar Kartini.*(BNews)