Kemenkes Rekomendasikan Tanbu Sebagai Tujuan Capacity Building Pramuka Kesehatan

    0
    12

    Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinkes Tanbu memberikan cinderamata kepada perwakilan Dinkes Kab Bangka Barat, Prov Bangka Belitung. ( FOTO : BNews)

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Rombongan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab Bangka Barat, Prov Bangka Belitung yang dipimpin oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas) Kab Bangka Barat, Suherman melakukan kunjungan kerja ke Kab Tanah Bumbu (Tanbu), Rabu (18/10). Kunjungan kerja dalam rangka Capacity Building Pramuka Kesehatan tersebut di sambut baik oleh Kabid Kesmas Kab Tanbu H. Rahmatullah, SKM selaku peewakilan pemerintah kab Tanbu, di Puskesmas Sebamban I, Kec Sungai Loban, Kab Tanbu.

    Kemitraan yang berkelanjutan bidang kesehatan bersama pramuka di Kabupaten Tanah Bumbu yang menghasilkan banyak kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan terutama sebagai penggerak pembanguan kesehatan menarik minat Kab Bangka Barat untuk menimba ilmu. “Tahun 2017 kami menjadi tuan rumah Pertibanua dan HUT SBH ke-32, dan itu di anggap berhasil, sehingga Tanbu menjadi tujuan Capacity Building Pramuka Kesehatan dari Kab Bangka Barat, Prov Bangka Belitung,” kata Rahmatullah.

    Kabid Kesmas Tanbu H. Rahmatullah, SKM bersama rombongan Dinkes Bangka Barat melihat kondisi ruangan di Puskesmas Sebamban I, Kec Sungai Loban, Kab Tanbu. (FOTO : BNews)

    Rahmatullah juga menyampaikan, tujuan kunjungan kab Bangka Barat yaitu ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan program SBH (Saka Bakti Husada) yang menyangkut pemberdayaan masyarakat, dari mulai pembentukan, pelaksanaan event tahunan SBH, hingga pengelolaan anggaran dan keterlibatan lintas sektor.

    Sementara itu, Suherman selaku Kabid Kesmas Kab Bangka Barat menyampaikan, pada dasarnya tujuan dari kunjuangannya ialah ingin menimba ilmu dan menambah pengalaman karena di Dinkes Bangka Barat belum terbentuk SBH.  Kementrian Kesehatan (Kemenkes) juga telah merekomendasikan bahwa untuk melakukan pelatihan dan pembelajaran SBH di indonesia salah satunya ialah di Kabupaten Tanah Bumbu. “Kami berkunjung ke Tanbu berdasarkan rekomendasi Kemenkes, bahwa Kab Tanbu memang banyak yang di munculkan keberhasilan SBH. Jadi memang kita ingin mengadopsi apa yang telah dicapai di kabupaten Tanbu dan akan kami sesuaikan di kabupaten Bangka Barat,” katanya.*(BNews)