Wujudkan Pelayanan Maksimal dengan Menjalin Kemitraan Layanan Kesehatan di Pedesaan

    0
    11

    Sekretaris Dinkes Tanbu Kartini, SKM., M. PH bersama dokter yang bertugas di desa melakukan koordinasi mengenai penanganan persalinan.( FOTO : BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Pelayanan kesehatan di era modern saat ini tidak jauh dengan tenaga dan alat kesehatan, serta obat-obatan, baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Di desa Tamunih, kec Kusan Hulu, Kab Tanah Bumbu (Tanbu), pelayanan kesehatan tidak hanya dilakukan oleh tenaga kesehatan seperti bidan dan dokter, namun masyarakatnya juga masih percaya dan tetap memberi tempat kepada dukun kampung untuk turut serta membantu pelayanan kesehatan khususnya ibu hamil dan persalinan.

    Salah satunya Nini Riyat (60), yang kesehariannya bekerja sebagai petani di Desa Tamunih ini hingga saat ini masih aktif membantu warga masyarakat dalam proses persalinan. Keahlian yang dimilikinya menjadikan Nini Riyat didaulat untuk membantu dan saling bekerjasama dengan tenaga kesehatan bidan yang bertugas di Desa Tamuni, saling bertukar ilmu tentang tindakan pertolongan pertama hingga membantu persalinan.

    Keselarasan inilah yang perlu dipertahankan dalam menjaga kemitraan, dalam rangka mewujudkan perubahan mindset warga masyarakat untuk perduli tentang pentingnya layanan kesehatan, dan pemerataan kesehatan hingga menjangkau pelosok desa. Diharapkan, dengan terjalinnya hubungan yang baik antara tenaga kesehatan desa dengan dukun kampung dapat memberikan pelayanan maksimal serta menurunkan presentasi kematian ibu dan anak.*(BNews)