Komunikasi Mempermudah Pelayan Kesehatan

    0
    13

    Bidan Poskesdes Maduretno Nur Dwi Lestari, Am. Keb. (FOTO : BNews)

    KARANG BINTANG, BalarindangNews.com-Sebagai upaya menangani permasalahan kesehatan desa agar dapat terdeteksi dini, Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Maduretno, kec Karang Bintang, Kab Tanah Bumbu (Tanbu) berupaya memberikan pelayanan dengan menerapkan komunikasi yang intens bagi masyarakatnya. “Agar lebih mudah menjalin komunikasi dan memberi informasi dengan masyarakat, khususnya ibu hamil, kami menginformasikan contact person semua bidan yang bertugas di Poskesdes Maduretno pada papan plang poskesdes,” kata salah satu Bidan Poskesdes Maduretno Nur Dwi Lestari, Am. Keb, kepada BalarindangNews.com, Sabtu (4/11) di ruang kerjanya.

    Bidan Dwi juga menyampaikan, dengan komunikasi yang baik dalam memberikan pelayanan di desa, diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, sehingga terwujud masyarakat sehat yang siaga terhadap permasalahan kesehatan di wilayah desa. Selain itu, dengan saling menginformasikan permasalahan kehatan, secara tidak langsung telah tersedia upaya pemerdayaan masyarakat guna meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menolong dirinya di bidang kesehatan. “Kami saling memberi informasi, misal masyarakat menyampaikan keluhannya, petugas dapat segera memberi informasi tindakan untuk segera memeriksakan diri di Poskesdes, sehingga bisa ditangani cepat dan diselesaikan, sesuai kondisi potensi dan kemampuan yang ada,” terang Bidan Dwi.

    Contact person semua bidan yang bertugas di Poskesdes Maduretno diinformasikan pada papan plang poskesdes. (FOTO : BNews)

    Lebih lanjut dijelaskan, komunikasi dengan pasien meliputi informasi untuk seorang individu misalnya informasi yg berkaitan dgn kondisi kesehatan individu, bagaimana memaksimalkan perawatan, pemberian terapi, atau penyampaian pendekatan alternatif. Kemudian dalam menangani permasalahan AKI dan AKB, pihaknya terus berupaya merubah mindset masyarakat, agar melakukan persalinan ke poskesdes, “Masyarakat diberi pemahaman agar melakukan persalinan di poskesdes, melalui sosialisasi di pengajian. Tetap ada kerjasama dengan dukun kampung, namun tindakannya saat ini hanya melakukan perawatan pasca melahirkan saja, pijat bayi atau pijat ibu,” pungkas Bidan Dwi.*(BNews)