Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Ternak Itik

    0
    3

    Kepala Dinas Pertanian Kab Tanbu H. Setia Budi, SKM, MM men injau lokasi ternak itik di Desa Mudalang, Kusan Hilir, Tanbu. (FOTO:BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com–Prospek yang menjanjikan dari kegiatan agribisnis ternak itik, menjadikan Dinas Pertanian Kab Tanah Bumbu (Tanbu) melirik peluang untuk turut andil meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya bagi kelompok peternak di Tanbu. “Ini pembibitan itik yang pertama dilakukan oleh peternak kita, dengan mendatangkan bibit dari luar daerah dan dilaksanakan melalui kerjasama dengan Dinas Pertanian,” kata H. Setia Budi, SKM, MM selaku Kepala Dinas Pertanian Kab Tanbu kepada BalarindangNews.com saat meninjau langsung lokasi pembinaan ternak itik, di Desa Mudalang, Kec Kusan Hilir, Kab Tanbu, Senin (11/12) sore tadi.

    Kedepannya, Dinas Pertanian Kab Tanbu akan menganjurkan masyarakat untuk mengembangkan ternak itik atau bebek karena memiliki prospek yang menjanjikan, permintaan tinggi dan tidak sulit mengusahakannya. Selain itu, budaya di Bumi Bersujud dalam memperingati hari besar keagaaman seperti Maulid Nabi Muhammad SAW dengan memanfaatkan telur itik menjadi lahan basah bagi peternak itik untuk memasarkan telur itik dari hasil kelompok ternak di Tanbu. “Kontribusinya menguntungkan bagi masyarakat, apalagi pada musim perayaan hari besar keagamaan seperti maulid, telurnya dipergunakan untuk acara acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Di masing masing desa maupun kecamatan, dan masjid-masjid yang mengadakan secara turun temurun. Nah ini akan menghasilkan dan meningkatkan pendapatan peternak itik yang ada di kabupaten Tanbu,” terang H. Setia Budi.

    Lebih lanjut disampaikan, Dinas Pertanian beserta Dinas terkait akan melakukan pelatihan dan pembinaan kepada kelompok-kelopok peternak yang ada di kab Tanbu, agar peternak dapat melakukan pemelihraan dengan benar untuk menunjang peningkatan produksi telur. Selain itu, kedepannya juga akan dilakukan tindakan monitoring rutin serta disediakan dokter hewan di setiap kelompok peternak itik, untuk mempermudah pengobatan maupun pemberian vaksinasi bagi ternak agar tidak mengalami kegagalan dalam menjalankan dan mengembangkan ternak itik petelur di Tanbu.*(BNews)