Tingkatkan Sektor Peternakan, Tanbu Kembangkan Ternak Itik

    0
    11

    Peternak itik termotivasi untuk meningkatkan perekonomiannya. (FOTO : BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com–Sektor peternakan menjadi andalan utama untuk meningkatkan pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Oleh karena itu, Bupati Tanbu Mardani H. Maming memprogramkan agar peternakan terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat melalui usaha berbasis pertanian atau agribisnis, “Selaras dengan program Bupati Tanbu, Dinas Pertanian merespon cepat upaya peningkatan pendapatan masyarakat melalui agribisnis melalui ternak itik yang saat ini mulai dikembangkan,” kata Kepala Dinas Pertanian H. Setia Budi, SKM, MM kepada BalarindangNews.com, di sela-sela kunjungannya di lokasi pembinaan ternak itik Desa Mudalang, kec Kusan Hilir, kab Tanbu, Senin (11/12) sore.

    Menurut Setia Budi, pengembangan sektor peternakan di wilayah kabupaten Tanbu akan memberikan kontribusi yang sangat luas bagi perekonomian masyarakat, seperti meningkatnya pendapatan, khususnya bagi peternak itu sendiri, yang secara tidak langsung akan menciptakan sekaligus menambah lapangan pekerjaan melalui pengembangan usaha ternak itik petelur tersebut.

    Kepala Dinas Pertanian H. Setia Budi, SKM, MM meninjau langsung desa binaan kelompok ternak itik. (FOTO : BNews)

    Dia juga menyebutkan, saat ini kelompok ternak yang dibina memang baru pertama kali pembibitan, namun diharapkan dapat berjalan dan berkembang sesuai target yang diharapkan. “Baru pertama kali pembibitan, saat ini ada 2500 itik. Nanti akan kita sampaikan kepada kelompok-kelompok peternak untuk bisa melaksanakan kegiatan ini, masing masing kelompok supaya melakukan pembibitan itik di Tanbu agar semakin berkembang. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada kelompok peternak yang ada di Tanbu.” terang Setia Budi.

    Kedepannya, Dinas Pertanian bersama dinas terkait akan melakukan pengembangan agar produksi ternak itik mereka lebih maksimal. Pentingnya pengetahuan dan keterampilan petani peternak dalam hal budidaya ternak itik juga menjadi prioritas utama dalam mewujudkan keberhasilan usaha agribisnis di sektor peternakan. Selain itu, usaha ternak itik itu akan lebih memotivasi para petani ternak khususnya masyarakat pedesaan, sekaligus mendukung program Bupati Tanbu untuk menuju Tanbu yang lebih sejahtera,” pungkas Setia Budi.*(BNews)