80 Relawan Tanbu Dilatih Hadapi Ancaman Karhutla

    0
    10

    Kepala BPBD Tanbu, Eka Saprudin, AP, MAP. (FOTO : doc BNews)

    BATULICIN, BalarindangNews.com–Sedikitnya 80 relawan desa tangguh bencana karhutla yang berasal dari kecamatan Batulicin dan Simpang Empat,  Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menjalani pelatihan dan simulasi tanggap bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), yang di gelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanbu, Kamis (14/12) di aula kantor Sekretariat PKK Kabupaten Tanbu.

    Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. H. Muhammad Thaha tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan BPBD Pusat Jakarta, Jajaran Penjabat Pemkab Tanah Bumbu, serta unsur Muspika dari kecamatan Batulicin dan kecamatan Simpang Empat. Dalam sambutan tertulis Bupati Tanbu Mardani H. Maming yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs, H. Muhammad Thaha menyampaikan, pemerintah daerah mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut, mengingat kegiatan yang dilaksankan merupakan bagian dari upaya untuk mencegah dan menanggulangi bencana alam, terutama bencana karhutla yang menjadi acaman bagi wilayah Tanah Bumbu.

    Sementara itu, Kepala BPBD Tanbu, Eka Saprudin, AP, MAP menjelaskan, dilakukannya pelatihan tersebut bertujuan untuk membina dan mengembangkan relawan dalam melibatkan diri pada kegiatan penaggulangan bencana karhutla dan menjadikan desa-desa mandiri agar tidak hanya bergantung pada bantuan pemerintah daerah. Pelatihan menitikberatkan pada pencegahan dan kesiapsiagaan, yang merupakan upaya membangun kesiapan masyarakat secara sistematis, terpadu dan terkoordinasi.*(BNews)