Menuju Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Melalui ODF

    0
    9

    Wakil Bupati Tanbu, H. Sudian Noor.(FOTO : Ist)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Sebagai upaya mendorong strategi pemicuan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) untuk merubah perilaku masyarakat agar stop buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF). Jum’at (15/12) tadi, pemerintah kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Kesehatan mengkampanyekan perilaku hidup sehat dengan buangan air besar yang benar dan sehat secara totalitas sekaligus senam bersama, di halaman kantor Bupati Tanbu, kawasan jalan Dharma Praja Gunung Tinggi, kab Tanbu .

    Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Tanbu, H. Sudian Noor dan diikuti seluruh pegawai jajaran pemerintah kabupaten Tanbu. Dalam sambutannya, H. Sudian Noor menyampaikan agar program pemicuan STBM untuk mengkampanyekan ODF tidak hanya berhenti di tingkat seremonial, “yang lebih penting adalah tindakan nyata dalam mewujudkan ODF di seluruh desa di Bumi Bersujud dengan turun tangan semua pihak terkait. Bukan hanya acara seremonial,” kata Wabup.

    Perilaku buang air besar sembarangan (BABS) merupakan salah satu perilaku yang tidak sehat, apabila dibiarkan akan menyebar dan mengkontaminasi lingkungan, tanah, air dan udara. Oleh karena itu, kampanye ODF ini merupakan janji bersama, sehingga seluruh masyarakat diharapkan dapat berkomitmen untuk mewujudkan hidup bersih dan sehat, guna terhindar dari penyebaran penyakit yang berbahaya.*(BNews/dinkestanbu)