39 Desa di Tanbu Terima Penghargaan ODF

    0
    11

    Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor memberikan pemghargaan ODF kepada salah satu kepala desa. (FOTO : Ist)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Sebagai bentuk apresiasi bagi desa-desa yang telah berkomitmen mewujudkan desa yang terbebas dari perilaku buang air sembarangan atau Open Defecation Free (ODF). Jum’at (15/12), pemerintah kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) memberikan piagam penghargaan  kepada 39 Desa bebas ODF dari berbagai kecamatan di kab Tanbu, yang diberikan langsung oleh Wakil Bupati Tanbu H. Sudian Noor, di halaman kantor Bupati Tanah Bumbu.

    Diberiakannya piagam perhargaan tersebut sebagai upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan kabupaten Tanbu yang sehat dengan status 100 % bebas ODF. Hal tersebut juga sebagi upaya stimulus di wilayah masing-masing untuk mewujudkan jamban sehat sekaligus menindaklanjuti program pemerintah pusat yang mencanangkan prioritas program 100-0-100. Artinya pada tahun 2019 diharapkan 100% rakyat Indonesia mendapatkan akses layanan air bersih, 0 (nol) % daerah kumuh, dan 100% sanitasi masyarakat Indonesia memiliki jamban sehat.

    Sejumlah kepala desa dari berbagai kecamatan di kabupaten Tanah Bumbu menerima pemghargaan ODF. (FOTO : Ist)

    Kepala Dinas Kesehatan Drs. H.M. Damrah, S. Sos, M. Si melalui Sekretaris Dinas Kesehatan Tanbu Kartini, SKM menyampaikan, diberikannya penghargaan pemicu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) diukur melalui turunnya angka penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya. Selain itu, sanitasi merupakan salah satu kebutuhan penting manusia mengingat sebagian besar penyakit sangat erat berhubungan dengan masalah tersebut. Sanitasi juga menjadi faktor utama menjaga dan meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat.

    Melalui program STBM pendekatan pemberdayaan masyarakat, diharapkan dapat memicu masyarakat agar paham dan sadar akan pentingnya kebutuhan sarana sanitasi yang diiringi dengan perubahan perilaku masyarakat agar terwujud masyarakat yang sehat.*(BNews/dinkestanbu)