Meningkatkan Kecakapan SDM di Bidang IT

    0
    8

    Kepala Diskominfo Kab. Tanbu Ardiansyah, S.Sos, MM.(FOTO : Ist)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.comTransformasi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka mewujudkan peningkatan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), memerlukan peningkatan kompetensi pegawai, terutama yang berkaitan komunikasi dan informasi. Dinas Komonikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menerima siswa – siswi SLTA sederajat untuk magang dan mendapatkan pendidikan serta pembelajaran di Pusat Study Diskominfo tahun 2018, “mereka akan mendapatkan pembelajaran yang terkait dengan pengembangan bidang IT, seperti e-Government, web, sistem jaringan dan multi media, sesuai dengan jurusan masing-masing,” Kepala Diskominfo Kab. Tanbu Ardiansyah, S.Sos, MM, kepada awak media, Kamis (4/1) siang.

    Pembelajaran di pusat study Diskominfo dijadikan momentum untuk terus berbenah, terutama dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal. Sebab, diyakini tantangan ke depan untuk mengelola informasi akan semakin kompleks, sehingga menuntut kecakapan setiap SDM yang dimiliki. Melalui pusat study ini, siswa -siswi magang juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai gambaran umum tentang tugas dan fungsi Diskominfo Kab. Tanbu.

    Kegiatan tersebut juga memberikan pendidikan tambahan berupa tata cara dasar pembuatan berita atau penyajian informasi kepada masyarakat, baik melalui teori maupun praktek lapangan. Sehingga mereka bisa memahami secara utuh tugas dan fungsi Diskominfo dalam peranya sebagai penyebar luasan informasi kepada masyarakat.

    Ardiansyah juga menyampaikan, “hingga bulan Januari 2018 ini, sudah ada dua lembaga pendidikan yang mengirimkan siswa-siswinya untuk magang di Diskominfo. Dua lembaga pendidikan dimaksud, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) AL Hidayah dan SMKN 1 Sungai Loban,” terang Kadis Kominfo.

    Oleh karena itu, berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan SDM di prioritaskan pelaksanaannya, salah satunya melalui magang. Diharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan tambahan pengetahuan dan pengalaman tentang dunia kerja sesuai dengan jurusan mereka masing-masing. sehingga akan tercipata generasi Tanah Bumbu yang memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas yang bermuara kepada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan menjadi penerus pembangunan di Tanah Bumbu.*(BNews/ynr)