Optimalisasi Lahan Melalui Integrasi Tanaman Pangan

    0
    10

    Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu, H Setia Budi dalam kegiatan tanam perdana padi dan jagung di Desa Pulau Tanjung, Kecamatan Kusan Hilir, Tanah Bumbu. (FOTO:Ist)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan produksi tanaman padi dan jagung, Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan optimalisasi lahan dengan menjalankan sistem pertanian integrasi tamnaman pangan. “Dengan adanya integrasi tanam jagung dan padi ini diharapkan dapat menambah penghasilan para petani karena tidak ada lagi lahan yang terbuang sia-sia, serta dapat meningkatkan produksi padi dan jagung, kata Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu, H Setia Budi, Jumat (12/1) kemarin disela-sela kegiatan tanam perdana padi dan jagung di Desa Pulau Tanjung, Kecamatan Kusan Hilir, Tanah Bumbu.

    H. Budi menjelaskan, kedepan Dinas Pertanian akan mengoptimalkan seluruh pematang lahan pertanian dengan ditanami jagung. Sehingga upaya ini dapat dipergunakan sebagai salah satu alternative untuk mempercepat peningkatan produksi tanaman padi dan jagung melalui pemanfaatan pematang sawah sebagai lahan penanaman jagung. Selain itu,dengan cara ini petani diharapkan dapat meraih keuntungan yang besar baik itu dari hasil tanam padi dan juga hasil tanam jagung.*(BNews/rel)