Geliat Desa Kembangkan Potensi Wisata

    0
    17

    Assisten III Bidang Administrasi H. Mustaing menandatagan prasasti sebagai tanda peresmian Balai Kesenian Dewata Kencana. (FOTO : Iwan)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Kepedulian masyarakat Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban kab Tanah Bumbu, hingga desa nya diresmikan menjadi desa wisata karena keunikan budaya serta warga masyarakatnya yang sangat menjaga dan perduli terhadap tradisi budaya,“peresmian Balai Kesenian Dewa Kencana merupakan pertanda dicanangkannya Desa Wanasari menuju Desa Wisata,” kata  I Wayan Sudarma, selaku Dewan Pembina Adat dan Ketua Dewan Kesenian Daerah Tanah Bumbu, Rabu (31/12) kemarin di Balai Kesenian Dewata Kencana, Sungai Loban,

    Diresmikannya balai kesenian dewata kencana ini, tak lepas dari dukungan pemerindah daerah dan warga desa Wanasari yang turut berpartilokal aktif dalam mensukseskan pembangunan Balai Kesenian Dewata Kencana di Kabupaten Tanah Bumbu serta bantuan CRS dari general meneger PT PLN wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah berupa balai Kukul sebagai upaya dalam melestarikan adat budaya daerah. Beberapa desa berduyun-duyun mengembangkan potensi wisata desa mereka. Fenomena ini membuat sebutan desa wisata  menjadi impian banyak desa.

    Meski demikian, Desa Wisata harus memiliki obyek yang menarik seperti pemandangan alam yang indah, tempat yang eksotik, seni budaya yang unik atau budaya masyarakat yang sangat langka, selain itu juga warganya harus menjaga tradisi budaya desanya, terutama kebersihan serta memiliki potensi kuliner. Terlebih lebih harus memiliki jalur transportasi yang mudah dicapai setiap orang menuju ke desa dan obyek itu. Obyek wisata yang gampang dicapai dan kondisi jalan yang baik bakal membuat sebuah obyek wisata menjadi pilihan untuk didatangi para wisatawan. Utamanya wisata alam desa yang umumnya berupa pegunungan atau tebing dan sungai, biasanya obyek seperti ini terletak pada area yang sulit ditempuh. Apakah obyek di desa Anda sudah memiliki jalan yang gampang dilalui. *(BNews)