Dongkrak PAD Melalui Pegembangan Desa Wisata

    0
    7

    Rapat koordinasi bersama unsur muspika dan instansi terkait untuk emamjukan potensi wisata desa.(FOTO : BNews)

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.comGuna mengggeliatkan desa wisata agar dapat dikembangkan menjadi langkah untuk memajukan perekonomian desa. Pemerintah kecamatan Sungai Loban menggelar rapat musyawarah bersama unsur muspika dan perusahaan dalam rangka memajukan potensi yang ada di kecamatan Sungai Loban, Rabu (6/2) tadi, di kantor kecamatan Sungai Loban, Kab Tanah Bumbu.

    Camat Sungai Loban, Samsir, SE, MAP dalam kesempatan tersebut menyampaikan, untuk memajukan desa wisata, perlu keseriusan dari semua pihak mulai dari pengelola maupun warga setempat.Menurutnya, masyarakat maupun pengelola desa wisata harus lebih proaktif untuk mempromosikan potensi desa. Pengelola tidak harus bergantung kepada pemerintah apalagi untuk urusan promosi pariwisata. “Sebagai langkah memajukan potensi desa yang ada, perlu dilakukan promosi wisata desa, yang mana pelaksanaannya bersinergi dengan instansi terkait untuk membuat program pengembangan pariwisata. Sebab sejatinya kecamatan Sungai Loban memiliki potensi besar terutama dari segi alam, budaya dan kesenian,” katanya.

    Selaras dengan hal tersebut,  Wayan Sudharma selaku Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan, perlu adanya penataan pariwisata yang dapat menarik minat wisatawan, salah satunya Desa Wanasari yang akan dikembangkan menjadi desa wisata, agar dapat memberikan pemasukan daerah dari sektor pariwisata desa. “Selama ini belum ada destinasi di desa untuk menambah income dan pendapatan daerah. Harapan kami, semua instansi terkait dapat membantu mendorong peningkatan terwujudnya destinasi baru berkonsep desa wisata yang pada akhirnya akan menambah income daerah, dan meningkatkan ekonomi di masyarakat sekitar,” paparnya.*(BNews)