Aktifitas Petani Meningkat Masuki Musim Hujan

    0
    10

    Salah satu petani mulai melakukan aktifitas pertanian dan bersiap melakukan tanam padi.(FOTO : BNews)

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Saudara, Rabu (14/2) kemarin, geliat para petani Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu yang mengolah lahan sawahnya mulai meningkat, hal tersebut mengingat kondisi sawah mulai mendapatkan kecukupan air setelah hujan turun stabil dalam beberapa hari terakhir.

    Haryadi, salah seorang petani menyampaikan, sawah di sekitar wilayah Desa Pakatellu mengalami penambahan cukup signifikan setelah turun hujan deras dalam waktu satu minggu terakhir. Menurutnya, kondisi tersebut berpengaruh pada besarnya suplai air untuk mengairi sawah, apalagi ditambah lagi adanya stok air dari aliran saluran irigasi. Petani memanfaatkan kondisi tersebut dengan langsung melakukan olah tanah. Beberapa petani bahkan sudah melakukan persiapan tanam padi. Sebagian besar sudah mulai olah tanah dan sebar bibit. Beberapa petani diantaranya bahkan sudah siap bibitnya untuk di tanam,” terangnya

    Dia juga menjelaskan musim tanam tahun ini tidak serentak mengingat musim hujan yang tidak stabil intensitas curah hujannya. Meski demikian, petani tetap bersyukur mengingat kebutuhan air masih terpenuhi. Diharapkan hujan turun dengan stabil untuk menjamin kebutuhan air sehingga hasil panen nantinya akan sesuai dengan target yang diharapkan, yang juga akan berdampak pada meningkatnya produksi beras dan terwujudnya lumbung padi di Kabupaten Tanah Bumbu.*(BNews)