Desa Wanasari Mantapkan Langkah Jadi Desa Wisata

    0
    3

    Ketua DKD Tanbu I Wayan Sudharma, S. Sos, MM memberikan sambutan kepada rombongan pelajar dari SMA N 1 Matraman, Kab Banjar untuk melakukan penelitian dan observasi.(FOTO : BNews)

    SUNGAI LOBAN, Balarindangnews.com-Desa Wanasari, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) semakin memantapkan langkah untuk menjadikan desa wisata. Hal tersebut tampak saat puluhan rombongan pelajar dari SMA N 1 Matraman, Kabupaten Banjar berkunjung untuk melakukan penelitian etnografi dan observasi guna mengkaji nilai nilai budaya masyarakat yang ada di Desa Wanasari, Sabtu (3/3) tadi.

    Rombongan disambut langsung oleh Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Tanah Bumbu I Wayan Sudharma, S. Sos.,MM bersama jajaran pemerintah kecamatan. Dalam kesempatan tersebut, Ketua DKD Tanbu menyampaikan, seni budaya dan tradisi keagamaan tidak dapat terpisahkan bagi masyarakat bali, sehingga tepat untuk dijadikan tujuan observasi maupun penelitian budaya, “ritual agama dan budaya selalu berdampingan. Sangat tepat sekali untuk melakukan observasi, mengingat setiap ritual keagaaman hindhu selalu dibarengi dengan seni budaya, yang sangat kental untuk dilestarikan,” kata Wayan.

    Para pelajar dari SMA N 1 Matraman melakukan wawancara kepada tokoh tokoh desa di Desa Wisata Wanasari.(FOTO : BNews)

    Lebih lanjut Wayan menjelaskan, melalui desa wisata lebih mudah untuk menggali dan mengembangkan potensi yang bisa dijadikan daya tarik wisata di suatu daerah.Keterlibatan masyarakat juga cukup tinggi bahkan masyarakat lokal dan budayanya akan menjadi kunci utama pengembangan desa wisata. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada rombongan pelajar dari SMA N 1 Matraman yang telah menetapkan pilihan mengunjungi Desa Wanasari sebagai lokasi kajian study. “Kami ucapkan terima kasih kepada para pengunjung, khususnya bagi SMA N 1 Matraman, Kab Banjar yang telah mengunjungi desa kami, desa wisata wanasari, terkait dengan penelitian anak anak yaitu seni dan budaya.” terangnya.

    Foto bersama rombongan dari SMA N 1 Matraman di Balai Desa Wisata Wanasari. (FOTO : BNews)

    Sementara itu, Muhammad Rasyid selaku Guru Pendamping rombongan pelajar dari SMA N 1 Matraman menyampaikan, Desa Wanasari merupakan tujuan yang tepat untuk melakukan penelitian dan observasi seni budaya. “Kami memutuskan Desa Wanasari sebagai tujuan penelitian karena kita sedikit tahu tentang budayanya, yaitu adanya sekelompok masyarakat bali yang ada di Tanbu yang memiliki kebudayaan berbeda dengan kebudayaan dari masyarakat lain yang ada di kalsel,” papar Rasyid.

    Rasyid jugamenambahkan, tujuan dilakukannya kunjungan ke Desa Wisata Wanasari ialah untuk memperluas dan memperdalam wawasan anak anak, jadi tidak hanya di dalam kabupaten atau kecamatan, yaitu dengan mengajak melihat bagaimana budaya yang ada di luar, “menambah wawasan kebudayan anak didik kami, tidak hanya masyarakat banjar, tetapi mereka juga tahu secara langsung seperti apa kebudayaan  masyarakat bali,” pungkasnya.*(BNews)