Melasti, Ritual Religi Berbalut Seni dan Budaya

    0
    20

    Ketua Dewan Kesenian Daerah Kab Tanah Bumbu I Wayan Sudharma, S. Sos, MM.(FOTO : BNews)

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com-Masyarakat Tanah Bumbu dan wisatawan yang datangberlibur bulan maret mendatang akan disuguhi keunikan wisata seni dan budaya yang dipadukan dengan ritual keagamaan. Pasalnya, tanggal 14 Maret 2018 nanti Desa Wanasari sebagai desa wisata akan menggelar kegiatan religi Prosesi Melasti berpadu Karnaval Kostum Budaya Nusantarayang dipusatkan di Pantai Madani, Kec Sungai Loban, Kab Tanah Bumbu. “Pada tanggal 14 maret 2018 ini kita akan melakukan prosesi melasti, yang akan juga di meriahkan dengan karnaval budaya nusantara, yaitu penampilan kostum nusantara yang ada di Indonesia,” kata I Wayan Sudharma, S. Sos, MM selaku Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Tanah Bumbu, kepada Tim BalarindangNews.com, Sabtu (3/3) siang, di Sungai Loban.

    Wayan juga menyampaikan, kedepannya ingin mewujudkan Desa Wanasari layaknya seperti di Bali. Saat ini yang paling utama difokuskan adalah seni, budaya, lingkungan, keramah tamahan, keamanan, dan lingkungan. “Selain seni budaya dan keamanannya, hal yang akan kami kerjakan duluan adalah pembangunan taman desa nya, agar pengunjung yang masuk merasa nyaman, melihat kondisi, tamannya tersusun rapi,” paparnya.

    Sementara itu, untuk produk lainnya, seperti souvenir maupun cindera mata atau baju produk daerah sudah dirancang dan disiapkan, “souvenir lainnya sudah kami rancang, sejenis baju desa wisata wanasariyang harganya relatif terjangkau. Ini merupakan Gong pertama, mudahan ini menjadi peminat untuk menjadi souvenir, bisa menjadi kenangan, dan desa kami bisa terekspose,” harap Wayan.*(BNews)