Dukcapil Tanbu Tingkatkan Mutu Pelayanan Melalui WhatsApp

    0
    8

    Ilustrasi aplikasi WhatsApp.(FOTO : klikbontang.com)

    BATULICIN, BalarindangNews.comSaudara, Kamis (8/3), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menggelar pertemuan bersama perangkat desa dan Camat untuk membahas inovasi pelayanan kependudukan melalui aplikasi ponsel WhatsApp (WA) di ruang rapat Asistent Bidang Pemerintahan,kantor Bupati Tanah Bumbu, kawasan jalan Dharma Praja Gunung Tinggi, Kab Tanah Bumbu.

    Inovasi tersebut mengingat di era digital saat ini menjadi tuntutan  untuk mempermudah semua urusan selesai hanya dalam genggaman tangan. Tekhnologi mewajibkan semua hal menjadi lebih murah, mudah serta cepat hanya melalui sentuhan layar smartphone.

    Adapun sejumlah desa yang akan menjadi pilot project pelayanan ini antara lain Desa Sungai Loban, Sari Mulya, Giri Mulya, Angsana, Binawara dan Lasung. Desa-desa ini berada di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Loban, Angsana, Kuranji dan Kusan Hulu.Sejumlah desa yang terpilih sebagai pilot project adalah desa yang sudah tersentuh jaringan internet serta aktif dalam hal pelayanan kependudukan.

    Pelayanan yang menggunakan aplikasi WA ini sementara meliputi pembaharuan dan atau perubahan variabel data kependudukan seperti nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, jenis pekerjaan dan status perkawinan. Dengan inovasi peningkatan mutu pelayanan melalui WA tersebut diharapkan dapat lebih efektif karena selain mengurangi waktu pengurusan, masyarakat tidak perlu mengeluarkan ongkos lebih banyak untuk perjalanan melakukan pengurusan tersebut.*(BNews)