Melasti, Budaya Umat Hindu Jadi Sumber Pariwisata di Bumi Bersujud

    0
    14

    Unsur Musyawarah Pimpinan Daerah menghadiri upacara Melasti di Pantai Madani, Desa Sungai Loban, Kab Tanah Bumbu. (FOTO : BNews)

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com-Rabu (14/3), umat Hindu Kab Tanah Bumbu menggelar upacara melasti untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Upacara Melasti merupakan upaya persembahyangan di sebuah pure hingga ke pesisir pantai dengan tujuan untuk mensucikan diri. Potensi upacara seperti ini menjadi perhatian karena dapat menarik kunjungan wisatawan yang hobby dengan budaya.

    Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat H. M Idjrai menyampaikan, karena upacara melasti tidak dapat terpisahkan dengan seni dan budaya, maka melasti dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata, kegiatan Melasti menjadi bagian pariwisata di Kabupaten Tanah Bumbu, katanya.

    Dengan upacara religi yang telah dipadukan dengan Karnaval Kostum Budaya Nusantara, hal ini menjadi sebagai wadah untuk tetap mewujudkan persatuan dalam keberagaman, diharapkan kegiatan itu mampu menjadikan pribadi yang bersih dan segala perbedaan menjadi pilar kebinekaan di bumi pertiwi ini, katanya.

    H.M. Idjrai juga mengucapkan selamat hari melasti dan selamat datang di Panatai Madani bagi seluruh umat Hindu yang melakukan persembahyangan, Semoga perayaan di tahun ini memberikan hal posoitif terumata dalam kegidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, pungkasnya.(BNews)