Upacara Melasti Pantai Madani, Ritual Membasuh Diri Jelang Perayaan Nyepi

    0
    9

    Umat Hindhu di Kabupaten Tanah Bumbu bahkan se – Kalsel mengikuti upacara Melasti di Pantai Madani, Desa Sungai Loban, Kec Sungai Loban, Kab Tanah Bumbu. (FOTO : BNews)

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com– Ratusan umat hindu di kabupaten Tanah Bumbu dan sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan menggelar upacara Melasti di Pantai Madani, Desa Sungai Loban, Kec Sungai Loban, Kab Tanah Bumbu, Rabu (14/3) siang. Dalam balutan busana Bali, mereka melakukan ritual keagamaan yang dilangsungkan setahun sekali sebelum perayaan Nyepi.

    Ketua Panitia Melasti Kab Tanah Bumbu, I Wayan Widiarta menyampaikan, upacara melasti dilakukan bertujuan untuk membersihan diri dari segala keburukan supaya bisa menyambut tahun baru saka dengan jiwa yang baru.

    Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan melasti dikuti oleh lima kabupaten di provinsi kalimantan selatan, yang terdiri dari Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjarbaru dan Banjarmasin. Pada acara melasti ini diikuti sebanyak 21 desa yang terdiri dari beberapa Kabupaten di Kalimantan Selatan. Sehingga event ini dapat dikatakan sebagai event provinsi yang terpusat di Pantai Madani Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu.*(BNews)