Jelang HUT ke15, Tanbu Gelar Operasi Katarak Gratis

    0
    11

    FOTO : Ist

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com-Sebagai upaya untuk membantu para penderita katarak di Tanah Bumbu (Tanbu), Dinas Kesehatan Kab Tanbu yang bekerja sama dengan RS. Andi Abdurahaman Noor menggelar operasi mata katarak secara gratis bagi masyarakat. Pelaksanaan Operasi Katarak Gratis tersebut dilaksanakan dalam 4 hari yaitu mulai tanggal 2 hingga 5 April 2018 di RS. Andi Abdurhaman Noor, kawasan Sepunggur, Kusan Hilir, Tanbu.

    Acara bakti sosial operasi katarak tersebut diserbu oleh warga yang antusias ingin mendapat layanan pengobatan cuma-cuma. Tercatat sebanyak 80 orang pasien mendaftarkan diri dengan diantar keluarganya.

    Kepala Dinas Kesehatan H.M.Damrah.,S.Sos.,MM, menyampaikan, operasi ini merupakan rangkaian kegiatan upaya percepatan eliminasi Kebutaan akibat katarak di Indonesia dan mengatasi backlog kasus katarak di Indonesia guna mewujudkan Vision 2020, terangnya.

    Melalui kegiatan bakti sosial ini, masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan untuk pendataan dan penjaringan masyarakat yang ingin melakukan operasi katarak, dengan menghubungi Kepala Desa ataupun Puskesmas setempat.

    Pengobatan gratis tersebut dilakukan sebagai perwujudan kepedulian dan tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat,sekligus sebagai upaya untuk  mengurangi peningkatan angka kebutaan di masyarakat yang rata-rata disebabkan katarak dan pterigium.*(BNews)