Kolaborasi Karnaval Kandrejawapute dan Kostum Budaya Nusantara

    0
    12

    Wakil Bupati Tanah Bumbub H. Sudian Noor melepas Festival Gunungan Kandrejawapute dan Karnaval Budaya Nusantara. (FOTO : BNews)

    PAGATAN,BalarindangNews.com-Saudara, minggu (8/4) kemarin, warga Pagatan kecamatan Kusan Hilir, beramai ramai datang ke kawasan gedung 7 Februari Pagatan untuk menyaksikan karnaval gunungan kandrejawapute dan karnaval kostum budaya nusantara, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun kab Tanah Bumbu (Tanbu) yang ke 15, secara resmi d lepas oleh wakil Bupati Tanbu H.Sudian Noor, di dampingi istri Hj, Sadariah Sudian Noor.

    Karnaval gunungan kandrejawapute dengan lintasan datar sepanjang 2,3 km ini, diiringi marching band dari MAN 1 Pagatan, dan beberapa etnis budaya dan seni, di antara kesenian Bali, Lombok, dan Reog Ponorogo. Sejumlah kesenian ini ikut mengiringi gunungan kue kanrejawapute, putupesse, nennu nennu, baulu gulung, cincin, dan apam pranggi, di arak berjalan kaki melintasi kawasan jalan Hasanuddin, menuju jalan Arif Rahman Hakim, kemudian jalan HM Badri, dan jalan A. Yani, yang selanjutnya kembali ke tugu 7 Februari Pagatan.

    Salah satu kostum karnaval budaya nusantara. (FOTO : BNews)

    Iring iringan gunungan kue yang melintasi jalan yang sudah ditentukan panitia, di sambut oleh kostum budaya nusantara sebagai tanda kue yang sudah melintasi kota ini akan segera di perebutkan oleh warga. Sejumlah warga gegap gempita menanti kedatangan gunungan kue kue ini untuk di perebutkan, guna memperoleh keberkahan. “Tahun depan kiranya lebih di tingkatkan, dan melibatkan sejumlah eleman, mulai tingkat pelajar, guru, dokter, perawat dan pegawai dilibatkan untuk ikut karnaval ini,” kata wakil Bupati Tanbu.

    Panitia pelaksana dari EO Mustiplus Entertaiment Group untuk karnaval gunungan kanrejawapute dan karnaval kostum budaya nusantara yang bekerja sama dengan pemerintah derah Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata telah mewujudkan perpaduan budaya dan seni untuk Tanbu sebagai ajang kuliner wisata. *(BNews)