Waspadai Peredaran Ikan Kaleng Mengandung Cacing, Dinkes Tanbu Gelar Sidak

    0
    9

    FOTO : Ist

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.comMenanggapi keresahan masyarakat terkait beredarnya olahan ikan kemasan kaleng yang mengandung cacing, Tim gabungan Dinas Kesehatan  Kabapten Tanah Bumbu melakukan inspeksi mendadak (sidak) di wilayah kecamatan Simpang Empat, Kamis (12/4) kemarin.

    Sejumlah swalayan, toko-toko makanan, dan indomaret turut di periksa juga untuk memastikan peredaran ikan kaleng yang diduga mengandung cacing parasite. Dalam sidak tersebut, tim gabungan menemukan sejumlah pedagang masih menjual sejumlah produk ikan kalengmengandung cacing.Kita hanya mengimbau para pedagang untuk tidak menjualnya, karena produk tersebut berbahaya, kata kata Kasi Kefermasian Vonny Rosalina, S.Farm. Apt.

    Selain memastikan produk ikan kemasan kaleng, petugas juga memastikan masa berlaku semua produk yang dijual di pasaran.Kami juga mengimbau para pedagang untuk tidak menjual makanan dengan kemasan yang telah rusak, jelasnya.

    Pengawasan makanan jenis ikan dalam kemasan kaleng, terdapat 27 nama merk ikan kemasan kaleng yang tidak boleh lagi di perjual belikan.Kendati demikian, masyarakat diimbau tetap cermat dan berhati-hati dalam membeli produk makanan, seperti ikan dalam kemasan kaleng yang terindikas mengandung cacing parasit, agar dampak dari penyebaran penyakit akibat konsumsi makanan yang tidak layak dapat terkendali.*(BNews)