Posyandu Penting Untuk Pemenuhan Hak Anak

    0
    8

    Kelurahan Batulicin menjadi tempat diawalinya kegiatan Penyuluhan Pemenuhan Hak Anak di Posyandu Banua oleh Dinas P3A.(FOTO : Ist) 

    BATULICIN, BalarindangNews.com – Pentingnya pemenuhan hak anak dalam rangka mewujudkan generasi yang sehat dan berkualitas menjadi tanggung jawab pemerintah, oleh karena itu pemerintah kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (DP3A) Provinsi Kalimantan Selatan  untuk memberikan penyuluhan pemenuhan hak anakdi posyandu banua. Kelurahan Batulicin menjadi tempat diawalinya kegiatan Penyuluhan Pemenuhan Hak Anak di Posyandu Banua oleh DP3A, Selasa (3/7) tadi.

    Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 Kader Posyandu yang ada di wilayah kelurahan Batulicin. Kegiatan penyuluhan pemenuhan hak ana di posyandu memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pemenuhan hak Anak dan meningkatkan pelayanan posyandu banua terkait hak-hak anak, serta terkumpulnya data posyandu banua di Kalimantan Selatan.  Posyandu memiliki lima layanan utama yaitu, kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, perbaian giozi, imunisasi, dan penanggulangan diare. Dari 3596 Posyandu di Kalimantan Selatan. Pada tahun 2018 ini, DP3A Provinsi Kalimantan Selatan akan menargetkan minimal 2 Posyandu Banua terbentuk dimasing-masing Kabupaten/Kota, salah satunya di Kabupaten Tanah Bumbu. 

    Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tanah Bumbu, Narni, M.Kes pada saat membuka Kegiatan Penyuluhan Hak Anak di Posyandu Banua mengatakan, “melalui adanya Posyandu Banua ini diharapkan anak-anak di Banua ini dapat terpenuhi hak-hak mereka yang mencakup lima klaster yakni, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga, pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteran, serta pendidikan dan khusus perlindungan,” ujarnya.*(BNews)