Atasi Banjir, Tanah Bumbu Perlu Bangun Bendungan

    0
    13

    FOTO : Ist 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Sisa-sisa banjir masih terasa di sebagian daerah di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), sepekan terakhir, banjir merendam sejumlah kecamatan hingga merusak sejumlah insfratruktur bahkan sebagin lainnya maaih menggenangi. Hal tersebut mendapat perhatian khusus dari Kementrian Sosial (Kemensos) dengan berkunjung langsung ke Kabupaten Tanah Bumbu bersama Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (3/7) untuk melihat kondisi banjir di Kecamatan Satui.

    Kemensos bertujuan memberikan layanan dukungan psikososial korban banjir guna mengatasi trauma psikologis yang dialami oleh para warga masyarakat. Kehadirannya di lokasi bencana alam juga merupakan bentuk representasi pemerintah dan perwujudan kehadiran pemerintah pusat. Selain itu kunjungan Tim Kemensos dalam rangka mengetahui penyebab mendasar banjir yang terjadi setiap tahun saat terjadinya musim hujan. Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Basuni, melalui Kepala Bidang Sosial Agus Salim pada saat mendampingi kunjungan di Posko Bencana Banjir Satui menyampaikan, “Selain menggali informasi penyebab banjir, Tim Kemensos juga memberikan penyuluhan kepada korban banjir agar terjadi pemulihan psikologi sosialnya,” terangnya. 

    Dalam pertemuan kunjungan lapangan itu, Agus Salim menyampaikan, pihak Kecamatan Satui memaparkan perlunya dibangun bendungan dan sodetan di sungai, mengingat pembangunan bendungan dan sodetan dirasa sangat perlu untuk mengantisipasi banjir di Kabupaten Tanah Bumbu dan demi kenyamanan masyarakat. Menanggapi hal tersebut Tim Kemensos Memberikan dukungan penuh dan akan berupaya memfasilitasi usulan ditingkat lintas Kementrian sesuai kewenangan masing-masing..*(BNews)