Pertajam Kedaulatan Pangan

    0
    3

    Mardani H. Maming.(FOTO : Ist) 

    TANGERANG, BalarindangNews.com – Terwujudnya kedaulatan pangan Indonesia dinilai tidak hanya mampu membenahi persoalan pangan nasional, tetapi juga akan memperbaiki berbagai masalah struktural perekonomian sekaligus mendorong lebih pesat pembangunan ekonomi kerakyatan. Melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XI Apkasi, Mardani berharap akan mempertajam kedaulatan pangan guna mendukung terwujudnya ketahanan pangan, “Dalam Rakernas ini kita jadikan momentum untuk mempertajam kedaulatan pangan di indonesia karena, persoalan pangan di Tanah Air dianggap penting untuk daerah dan kedaulatan bangsa, “kata Mardani, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten, Jumat (6/7).

    Kedaulatan pangan adalah hak negara dan bangsa yang secara mandiri menentukan kebijakan pangan yang menjamin hak atas pangan bagi rakyat dan yang memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal. Menurutnya Mardani, kedaulatan pangan sangat strategis demi menjaga ketersediaan pangan di indonesia. “Untuk mewujudkan ketersediaan pangan nasional itu yakni bagaimana kita mampu meningkatkan produksi pertanian khususnya beras,” katanya. 

    Akan tetapi, mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, upaya peningkatan produksi dan pengendalian harga dihadapkan pada berbagai faktor penghambat, di antaranya anomali perubahan iklim, jaringan irigasi rusak, pemilikan lahan petani yang sempit, dan teknologi pertanian yang belum siap dimanfaatkan serta adanya intervensi kepentingan pihak-pihak tertentu di sisi hilir. Petani selanjutnya akan menjadi tulang punggung untuk mewujudkan kedaulatan pangan, yang kemudian akan mendorong peningkatan kesejahteraan mereka. Akan menjadi penantian besar nantinya bagaimana pemerintah mengejahwantahkan konsep kedaulatan pangan, apakah sesuai dengan hakikat kedaulatan pangan, atau pemerintah kembali berimprovisasi dalam mengartikan serta menjalankannya.*(BNews)