Komitmen Pemkab Tanbu Wujudkan 2020 Bebas Campak dan Rubela

    0
    19

    FOTO : Ist 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu mencanangkan kampanye Measles Rubella (MR) dengan imunisasi MR massal di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, mulai hari ini, Rabu (1/8) pagi tadi. Kegiatan pencanangan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) digelar di halaman SMP Negeri 1 Batulicin, dan dibuka langsung oleh Plt. Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor.

    Plt. Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor menyampaikan, imunisasi MR kali ini adalah kampanye massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai kurang 15 tahun, yang akan dilaksanakan secara serentak pada bulan Agustus-September 2018 se Indonesia. “Pada hari ini, 01 Agustus 2018 dimulainya imunisasi MR diseluruh indonesia termasuk di Kabupaten Tanah Bumbu, oleh karena itu pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat agar putra putrinya mendapat imunisasi MR di pos pelayanan kesehatan yang tersedia,” katanya. 

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu Dr. H. M. Damrah, S.Sos., M.Si  mengatakan, dalam pelaksanaan ini pihaknya menargetkan imunisasi sebanyak 99.722 anak usia 9 bulan sampai 15 tahun untuk mencegah measles rubella (MR) atau campak. Lebih lanjut disampaikan, penyakit Campak dan Rubella sangat berbahaya karena dapat menyebabkan cacat dan kematian, penyakit ini adalah infeksi akibat virus yang ditularkan melalui udara, lewat bersin atau batuk. “penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi, sehingga dilaksanakanlah kampanye dari bulan Agustus hingga September. Gerakan yang dilaksanakan secara nasional ini bertujuan agar Indonesia bebas campak dan infeksi rubela pada 2020,” terangnya. *(BNews)