Dana Desa Diharapkan Serap Tenaga Kerja Lokal

    0
    15

    FOTO : Ist 

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Camat Sungai Loban Samsir, SE, MAP meminta agar penggunaan dana desa diswakelola dengan padat karya tunai, dengan memperhatikan penggunaan pekerja lokal. “Tukang atau pekerja juga bisa diambil dari warga desa sehingga masyarakat betul-betul diberdayakan sesuai dengan regulasi Dana Desa (DD),” katanya saat melakukan monitoring dan pengawasan pembangunan desa khusus pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT), di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Sungai Loban, Kab Tanah Bumbu, Kamis (9/8) pagi tadi.

    Sesuai amanat presiden Joko Widodo, mulai tahun 2018 ini sebesar 30 persen untuk pembangunan yang menggunakan dana desa dilakukan oleh tenaga kerja lokal. Dengan demikian tenaga kerja yang ada di desa bisa dioptimalkan. Selain itu, pembangunan juga harus sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis Dana Desa (DD). 

    Dari kunjungan ke lapangan, Camat Sungai Loban juga meminta agar dilaksanakan pengawasan dalam pekerjaan pembangunan. “Tugas pengawasan ini tidak hanya oleh TPK, PLD namun elemen masyarakat turut serta. Yang sangat penting kualitas harus dijaga, jangan sampai baru dibangun sudah rusak sehingga yang rugi masyarakat juga,” kata Samsir.*(BNews)