Swadaya Masyarakat Kunci Sukses Pembangunan Desa

    0
    13

    FOTO : Ist 

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Hari ini, Senin (20/8)  Camat Sungai Loban, Samsir, SE, MAP bersama tim melakukan evaluasi dan monitoring pembangunan pagar beton Gedung Olah Raga (GOR) di Desa Sebamban Lama dan pembngunan Drainase di Desa Tri Maryani, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu. Tujuan survei ini adalah sebagai upaya untuk mengecek tahapan pembangunan yang dilaksanakan serta memantau agar setiap pembangunan infrastruktur sesuai dengan aturan.

    Hal tersebut diungkapkan Camat Sungai Loban, Samsir, SE, MAP disela sela monitoring di lokasi pembangunan pagar beton Gedung Olah Raga, Desa Sebamban. Samsir menyampaikan, ada perbedaan ukuran dan jumlah tiang, namun demikian hal tersebut bukanlah kesalahan, namun upaya swadaya masyarakat untuk meningkatkan kualitas, “pembuatan Pagar beton Gedung Olah Raga setelah di ukur Panjang 53 meter, sedangkan di RAB 50 meter, tiang beton juga lebih satu, dengan bertambahnya kuantitas yang dibangun tersebut adalah hasil dari swadaya masyarakat, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas insfratruktur,” tetangnya. 

    FOTO : Ist 

    Kunjungan evaluasi dan monitoring kemudian dilanjutkan ke desa Tri Martani yakni Pembangunan Drainase dengan panjang 400 meter, dan pembuatan jembatan 2 buah dengan panjang 5 meter lebar 3 meter (dari dana PADes). Dari kegiatan monitroing tersebut, Camat mengharapkan kepada desa agar terus ditingkatkan kegiatan Swadaya sehingga desa bisa mandiri dan maju, karena swadaya masyarakat adalah salah satu kunci kesuksesan dalam pembangunan desa.*(BNews)