Bimtek SIPADES dan SISKEUDES Untuk Perangkat Desa

    0
    4

    FOTO : Ist 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com -Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ambo Sakka hadir dan membuka langsung kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES), Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES), dan Administrasi Pemerintah Desa bagi Perangkat Desa, di hotel Ebony Batulicin, Rabu (5/9) kemarin.

    Dalam kesempatan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ambo Sakka, mengatakan APBDesa yang digunakan harus betul-betul berdasarkan aspirasi masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri, serta tetap menjaga akuntabilitas. “Dana desa bukan untuk kepala desa, tetapi untuk masyarakat desa. Untuk itu, pembanguan di desa jangan berdasarkan kepentingan seseorang tetapi harus berdasarkan pada kepentingan masyarakat, sehingga pembangunan yang dilaksanakan di desa, masyarakat juga merasa memiliki,” katanya. 

    Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Nahrul Fajeri, melalui Kabid Penyelenggara Pemerintahan Desa, Ichsan Shirazi mengatakan bimtek bagi perangkat desa se-Tanbu ini bekerjasama dengan Pusat Studi Otonomi Daerah, Jakarta yang akan dilaksanakan selama 5 hari dengan mendatangkan narasumber dari dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri. 

    Adapun tujuan dilaksanakanya bimtek ini, agar perangkat desa mampu melakukan perencanaan, pengadaan, pengunaan, penggunaan, pemanfaatan dan pelaporan aset desa serta pengelolaan keuangan desa secara baik dan benar yang berbasis aplikasi SIPADES dan SISKEUDES. Selain itu sesuai dengan mekanisme yang ditentukan berdasarkan peraturan perundang-undangan, jelas kodefikasinya, menjadi acuan bagi pemerintah desa dalam penatausahaan aset yang baku.*(BNews)