Optimalkan Kader Posyandu Untuk Cegah Stunting

    0
    3

    FOTO : Ist 

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) terus berupaya menurunkan angka stunting, salah satunya melalui pelatihan Kader Posyandu se Kecamatan Sungai Loban yang diikuti pula oleh para Bidan Desa yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanbu, di Aula Kecamatan Sungai Loban, Rabu (5/9) pagi tadi.

    Camat Sungai Loban, Samsir, SE, MAP menyambut positif kegiatan tersebut, menurutnya kegiatan ini sangat bagus bagi peserta untuk mendapat informasi dari nara sumber seiring perkembangan saat ini, terutama mengenai kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek dibanding teman-teman seusianya, atau yang sering di sebut stunting. Stunting sendiri merupakan gangguan pertumbuhan yang disebabkan karena kurangnya asupan gizi yang diterima sejak janin atau bayi. 

    FOTO : Ist 

    Dalam kesempatan tersebut, Camat juga  berpesan agar dapat mengikuti pelatihan dengan baik, dan apabila masih belum jelas, peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mempertanyakan langsung kepada nara sumber. Upaya yang dilakukan dalm kegiatan tersebut adalah mengoptimalkan kembali peran kader posyandu sebagai penganjur kesehatan masyarakat (community health leader), serta membentuk kader sadar gizi cegah stunting dan relawan First Aid Responder. *(BNews)