Dekranasda Tanbu Ikut Meriahkan Pameran Kriyanusa 2018

    0
    13

    FOTO : Ist 

    JAKARTA, BalarindangNews.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) turut serta mengikuti dan turut serta memeriahkan Pameran Kriyanusa 2018 yang mengangkat tema Tingkatkan Sinergitas dan Kreativitas Wirausaha Milenia,  dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas 2018 di Jakarta Convention Center, Rabu (26/9) kemarin.

    Ketua Dekranasda Tanbu, Hj. Sadariah Sudian Noor menyampaikan, pameran kerajinan Kriyanusa 2018 ini Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dekranasda membawa beberapa produk unggulan daerah sekaligus sarana promosi produk daerah. Stand yang tergabung bersama Dekranasda Provinsi Kalsel, menghadirkan jenis  Kain Tenun Khas Pagatan dan Kerajinan Rotan. “Pameran kerajinan KriyaNusa sebagai wadah untuk mempromosikan produk unggulan daerah agar semakin dikenal secara luas, katanya. 

    Keikutsertaan Pemkab Tanbu pada pameran ini sebagai upaya untuk memajukan kerajinan khas Tanah Bumbu yang menjadi identitas tradisional, sehingga kedepannya akan berdampak pula bagi para pengrajin dan pelaku UKM di Tanah Bumbu. 

    Sementara itu, Ketua Umum Dekranas Ny Mufidah Jusuf Kalla mengatakan keberagaman kebudayaan Indonesia menjadi Inspirasi bagi produk kerajinan Indonesia. Mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif agar berkembang pesat, sekaligus memberi peran strategis dalam perekonomian nasional, karena lekat dengan keseharian dan kehidupan masyarakat. 

    Ia menambahkan, kreatifitas, inovasi dan teknologi perlu ditingkatkan untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan Indonesia, agar kekinian namun tidak menghilangkan unsur budayanya, sehingga produk kerajinan menjadi produk yang sangat diminati dan memiliki daya saing tinggi di pasar global.*(BNews)