DPMD Tanbu Sosialisasikan Perbub Tentang Kewenangan Desa

    0
    3

    FOTO : Ist 

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mulai melaksanakan sosialisasi Peraturan Bupati nomor 147 tahun 2017 tentang daftar kewenangan desa berdasarkan asal-usul dan kewenangan lokal pada skala desa di Kabupaten Tanah Bumbu, serta penyusunan teknis RPJMDes dan RKPDes di Aula Kantor Kecamatan Sungai Loban, Rabu (3/10).

    Sosialisasi dihadiri oleh Camat Kuranji, Muspika Kecamatan Sungai  Loban, Kepala Puskesmas Sebamban 1, Ketua BPD, Kepala Desa,  Sekdes se Kecamatan Sungai Loban dan Kecamatan Kuranji. 

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Desa, Nahrul Fajri, S. Pd, yang diwakili oleh Sekretaris DPMD Kab. Tanah Bumbu Ayattollah Chotim,SE,.MSi dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk di ikuti oleh semua desa mengingat Peraturan Bupati Nomor, 64 Tahun 2017 tentang kewenangan lokal  desa serta penyusunan teknis RPJMDes dan RKPDes sebagai acuan dasar bagi desa untuk melaksanakan semua kegiatan di Desa. Selanjutnya pihaknya akan melakukan sosialisasi dengan kepala desa dan BPD di masing-masing desa, sebagai tindak lanjut dari Perbup tersebut, banding masing-masing desa diharapkan menindaklanjuti dengan menyusun peraturan desa (perdes). 

    Sementara itu, Camat Sungai Loban, Samsir, SE, MAP menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir dari 2 kecamatan untuk membuat regulasi kewenangan lokal desa sebagai acuan pelaksanaan kegiatan pemerintahan desa dalam mengelola kegiatan di berbagai bidang dari berbagai sumber dana yang masuk ke desa. Selain itu, diharapkan agar perangkat desa bisa bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten dalam hal implementasi setiap peraturan yang diterbitkan, serta tetap berpedoman perundang-undangan yang berlaku. *(BNews)