Pembukaan FASI Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Berlangsung Meriah

    0
    5

    Kemeriahan pembukaan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat Kbupaten Tanah Bumbu. (FOTO : Ist) 

    KARANG  BINTANG, BalarindangNews.com – Acara Pembukaan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) VIII tingkat Kabupaten Tanah Bumbu di Desa Sumber Wangi, Kecamatan Karang Bintang berlangsung dengan meriah. Pembukaan dilakukan langsung oleh Plt Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H. Ambo Sakka, Jum’at (5/10) sore.

    Kegiatan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu ini digelar oleh BKPRMI. Desa Sumber Wangi, Kecamatan Karang Bintang didapuk menjadi tuan rumah pelaksanaan FASI Ke-V, yang akan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 5-7 Oktober 2018. 

    Dalam sambutannya, Plt Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Ambo Sakka menyampaikan, pemerintah daerah terus berkomitmen untuk menciptakan generasi yang religius dan berakhlakulkarimah, salah satunya melalui program Satu Desa Satu Rumah Tahfiz maupun kegiatan FASI seperti yangvtengah digelar. “Untuk mewujudkan generasi penghafal Qur’an ini, Pemkab Tanbu rencananya akan membuat Perda terkait rumah Tahfiz, dan FASI merupakan media untuk memperkokoh jalinan silahturahmi para pengelola, guru dan santri TPA dan TQA dalam upaya mempererat ukhuwah islamiyah dan menumbuh kembangkan rasa cinta kepada Al-Quran. Kegiatan ini juga nanti akan menghasilkan bibit2 unggul para santri yg akan mewakali Kafilah di Kabupaten Tanah Bumbu,” paparnya. 

    Lebih lanjut Ambo Sakka juga berharap, keberadaan rumah tahfiz dan berbagai kegiatan islami seperti FASI akan dapat menciptakan generasi Qur’ani juga mampu membentengi generasi muda dari bahaya narkoba. 

    Sementara itu Ketua BKPRMI Tanbu, HM Idjrai mengutarakan, FASI merupakan program LPPTKA BKPRMI. FASI Tahun 2018 tingkat Kabupaten Tanah Bumbu ini merupakan FASI yang ke 5 dilaksanakan sejak terbentuknya Kabupaten Tanah Bumbu. FASI merupakan pergelaran lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri Taman Kanak-kanak Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an, dan santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad. 

    Untuk mengetahui santri unggulan maka FASI dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, dan tingkat Nasional yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali yang akan menjadi program rutin LPPTKA BKPRMI setiap tahunnya. “FASI akan rutin dilaksanakan di Tanah Bumbu. Hal ini dimaksudkan agar pembinaan santri berprestasi bisa dilakukan secara berkelanjutan sehingga diharapkan prestasi para santri bisa sampai ke tingkat nasional,” ucap Idjrai.*(BNews)