Festival Parade Pangan, Lima Gunungan Akan Diarak Menuju Masjid Agung Nurussalam

    0
    2

     ADVETORIAL KHUSUS

    Koordinator tim perakit mempersiapan sayur mayur untuk dibuat gunungan.(FOTO : BNews) 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Sebanyak lima gunungan yang berisi hasil bumi tengah dirakit di kawasan Jl. Jati, Kota Pagatan, Sabtu (17/11). Rencananya lima gunungan akan di arak menuju Masjid Agung Nurussalam, Gunung Tinggi, Kabupaten Tanah Bumbu keesokan harinya. 

    Arak – arakan gunungan sayur mayur dan hasil pangan lokal tersebut merupakan kegiatan dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H yang dimaksudkan untuk memperkenalkan hasil bumi yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. 

    Koordinator Perakit Gunungan, Joko, mengatakan sebanyak lima gunungan ini akan dibawa ke Masjid Agung Nurussalam, yang nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat. Adapun isi dari gunungan-gunungan tersebut yakni singkong, kacang panjang, cabai merah, cabai hijau, sawi, kangkung, terung, timun, buah – buhan, serta masih banyak lagi jenis sayur mayur lainnya. Kemudian untuk olahananya nanti akan ada rengginang singkong, kerupuk jagung, kerupuk talas dan kue-kue lainnya yang berasal dari hasil pangan lokal. 

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Drs. H. Rahmat, M. Pd menyampaikan, kegiatan Festival Parade Pangan adalah untuk memperkenalkan sumber pangan lokal yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, selain itu untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H.

    Lebih lanjut disampaikan, selaim acara Festival Parade Pangan, kegiatan akan dirangkai dengan wisuda santri se-kalimantan selatan dan tausiyah dari Ust. Yusuf Mansur.*(BNews)