Festival Parade Pangan Meriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tanbu

    0
    12

    FOTO : Ist 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Tradisi syukuran hasil bumi berupa arak arakan gunungan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H digelar hari Minggu (18/11) pagi. Salah satu lokasi yang digunakan adalah halaman Masjid Agung Nurussalam, Gunung Tinggi, Kabupaten Tanah Bumbu.

    Arak-arakan gunungan sumber pangan lokal memasuki halaman Masjid Agung Nurussalam di mulai pukul 11.00 WITA. Festival Parade Pangan dalam rangka memperkenalkan sumber pangan lokal sekaligus memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H tersebut menyajikan 5 gunungan hasil bumi untuk dipersembahkan kepada seluruh pengunjung. Kegiatan juga dirangkai dengan wisuda santri se – kalimantan selatan dan tausiyah dari Ust. Yusuf Mansyur.

     FOTO : Ist

    Sebelum mulai direbut oleh warga, 5 Gunungan tersebut ditampilkan di halaman masjid sambil menunggu rangkaian acara yang di gelar. Selain gunungan, juga terdapat stand pameran hasil olahan pangan yang disajikan gratis untuk di nikmati oleh seluruh pengunjung.

     FOTO : Ist

    Di penghujung acara, ratusan warga langsung merangsek maju untuk memperebutkan isi dari 5 Gunungan tersebut. Sebagian besar rela berdesakan demi mendapatkan salah satu bagian dari gunungan, tampak juga beberapa anak memanjat gunungan tersebut, yang lain mengambil di tanah, mencari bagian yang jatuh. Hal ini dimaknai untuk mendapatkan berkah dan wujud rasa syukur dari hasil bumi yang melimpah.*(BNews)