Adakan Monev, Camat Himbau Desa Transparan Kelola Anggaran

    0
    3

    FOTO : Ist 

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Demi terwujudnya impian masyarakat melalui program pemerintah yang alokasi anggarannya melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk kesejahteraan masyarakat, Camat Sungai Loban Samsir, SE, MAP melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) kesejumlah Desa yang berada di kecamatan Sungai Loban, guna memastikan apakah pengelolaan anggaran sesuai dengan kaidah perundang-undangan.

    Camat Sungai Loban Samsir, SE, MAP mengatakan, “pembangunan wajib diawali dengan proses perencanaan hingga pelaksanaan dan finishing pembangunan, tahapan selanjutnya dilakukan monitoring dan evaluasi dengan maksud apakah pembangunan sudah sesuai dengan juknis, apakah sudah sesuai dengan RAB, apakah sesuai dengan dokumen pembangunan desa RKPdes maupun APBDes, ” katanya. 

    FOTO : Ist 

    Adapaun Desa pertama yang dilakukan monev yakni Desa Wanasari kemudian dilanjutkan ke Desa Sari Mulya. Desa Wanasari sebagai Desa pengembangan wisata ini membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di beberapa ruas jalan desa yang bersumber dari Dana Desa APBN tahun anggaran 2018. Sementara itu, Desa Sari Mulya menjadi Ibukota Kecamatan ini juga melaksanakan program pembangunan yakni pengerasan jalan desa dan urug. 

    FOTO : Ist 

    Dari hasil evaluasi dan monitoring, baik itu terdapat bangunan yang masih belum sesuai RAB ataupun memperoleh catatan khusus dari Tim Kecamatan, selanjutnya akan menjadi bahan laporan untuk dimintai pertanggung jawaban dari TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) Desa. 

    Dalam kesempatan tersebut, Camat juga menghimbau kepada seluruh tim pelaksana kegiatan agar hendaknya selalu memonitor pembangunan yang sedang dikerjakan tukang agar kualitas pengerjaan terjaga dan dimensinya sesuai dengan RAB, lebih bagus lagi bila terdapat swadaya hingga bisa menambah volume bangunan. Untuk pembangunan dihatapkan juga sesuai dengan RAB yang diajukan. Harus ada papan informasi sebagai media transparansi program pembangunan pada warga masyarakat. Desa diharapkan bisa memberdayakan Pekerja lokal masyarakat desa setempat dalam mengerjakan proyek pembangunan. Menjaga fisik bangunan yang telah selesai terbangun selanjutnya agar dapat dipelihara dan dijaga, serta menjaga kebersihan lingkungan serta melaksanakan gotong-royong rutin. 

    Samsir juga berkomitmen, selama dirinya masih di percaya menjalankan Roda pemerintahan di tingkat kecamatan Sungai Loban, maka dirinya berkewajiban untuk tetap memantau dan mengevaluasi Desa, sehingga terciptanya Desa yang transparan dan akuntabel.*(BNews)