Camat Meminta Pembangunan Dana Desa Bermanfaat Secara Maksimal

    0
    16

    FOTO : Ist 

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Guna mengecek hasil pembangunan disejumlah desa yang ada di kecamatan Sungai Loban, Camat Sungai Loban Samsir, SE, MAP, Rabu (5/12) pagi melakukan monitoring hasil pekerjaan fisik bangunan yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2018.

    Camat beserta tim Kecamatan, Kasi Pemerintahan dan staf serta Tenaga Ahli dari Dinas PMD dan Pendamping desa, didampingi kepala desa, BPD, dan TPK yang dikunjungi melaksanakan monitoring di tiga desa, yaitu Desa Tri Mulya, Sungai Dua Laut dan Damar Indah.Selain memastikan proyek yang dibangun desa, upaya memantau langsung ke lapangan ini dimanfaatkan juga untuk memberi masukan dan arahan supaya laporan pertanggung jawaban segera diselesaikan. 

    Camat Sungai Loban, Samsir, SE, MAP dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kesesuain bangunan fisik dengan dokumen perencanaan dan RAB (Rencana Anggaran Biaya) merupakan syarat utama, disamping itu program pembangunan harus memperhatikan unsur unsur pemberdayaan masyarakat, kepemanfaatan dan jumlah pemanfaat maupun unsur estetika atau keindahan bangunan. 

    Lebih lanjut dijelaskan, di Desa Tri Mulya, Program Dana Desa TA 2018 diaplikasikan untuk pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) dan Box Duiker di beberapa titik, kemudian di Desa Sungai Dua Laut Dana Desa digunakan untuk pembangunan TPT dan pembangunan Drainase. 

    Sementara itu, Desa Damar Indah menggunakan Dana Desa untuk membangun Embung berupa Bendungan air yang hampir selesai dikerjakan. Selain sebagai sumber air bagi warga, Embung ini  dimanfaatkan sebagai sumber bahan baku dalam proses pembuatan air bersih yang dikelola desa melalui Bumdes. Inovasi ini dikatakan sebagai salah satu peluang dalam meningkatkan PADes kedepannya. Diharapkan inovasi ini dapat menjadi contoh sehingga memunculkan inspirasi bagi desa lain dalam menggali potensi sumber daya di desa sehingga mampu memberikan manfaat bagi masyarakatnya dan pendapatan bagi desanya.*(BNews)