Kemenag Tanbu Gelar Bimbingan Pra Nikah

    0
    13

    FOTO : Ist 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Remaja Usia Nikah sebagai upaya pencegahan  nikah pada anak dan penguatan keluarga muda. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (4/12) tadi.

    Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari 5 Kecamatan yakni Kecamatan Angsana, Kuranji, Kusan Hulu, Sungai Loban, dan Kusan Hilir. Kegiatan bimbingan ini digelar dengan tujuan  agar setiap calon pengantin memiliki pengetahuan dan persiapan yang lebih matang sehingga tercipta keluarga yang bahagia lahir dan bathin.

    Camat Sungai Loban, Samsir, SE, MAP yang diwakili oleh Kasi Pemmas Kessos Muhammad Irfanie menyambut baik kegiatan bimbingan perkawinan pranikah yang diikuti peserta dari 5 Kecamatan dilaksanakan di wilayahnya. Mengingat, sebuah pernikahan haruslah dipersiapkan secara matang oleh calon pengantin karena berdasarkan fakta, banyak terjadi perceraian di usia perkawinan yang masih muda karena kurangnya pengetahuan dan persiapan yang baik. 

    Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanah Bumbu H. Abdul Basit menyebutkan, dilaksanakannya bimbingan ini antara lain untuk meningkatkan kualitas perkawinan. Semakin baik kualitas agama, ekonomi dan sosial semakin baik kualitas perkawinan. “Dikatakan keluarga sakinah adalah keluarga mapan, jangan sampai ujung-ujungnya terjadi perceraian karena faktor ekonomi maupun faktor perselingkuhan yang rentan apalagi di jaman medsos dan gadget seperti sekarang ini,” terangnya. *(BNews)