Terapkan Efisiensi Energi, Tanbu Raih Penghargaan

    0
    11

    ADVETORIAL KHUSUS

    Tanbu berhasil meraih pengharagaan Bidang Efisiensi Energi kategori pemerintah daerah. (FOTO : Ist) 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berhasil meraih penghargaan Bidang Efisiensi Energi untuk Kategori Pemerintah Daerah dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel). Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor kepada Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan H. Avian Noor di Ballroom Grand Dafam Q Mall, Selasa (04/12).

    Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada para stakeholders dan mempromosikan keberhasilan penerapan efisiensi dan konservasi energi. Adapun tiga kabupaten yang meraih penghargaan dalam kategori pemerintah daerah antara lain, Kabupaten Banjar sebagai juara pertama, kemudian disusul Kab Kotabaru sebagai juara kedua dan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai juara ketiga. Sedangkan untuk lingkup provinsi juara pertama berhasil diraih oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, juara dua diraih Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, dan juara ketiga diraih oleh Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Banjarbaru Provinsi Kalsel. 

    Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor menyampaikan, penghargaan yang diberikan merupakan bentuk dukungan nyata terhadap penerapan penghematan energi sebagaimana diinstruksikan Presiden Joko Widodo. “Sebagaimana Instruksi Presiden RI Nomor 13 tahun 2011 Tentang Pengehmatan Energi dan Air, menginstruksikan kepada Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota, untuk melakukan langkah-langkah, dan inovasi pengehmatan energi dan air,” katanya. 

    Lebih lanjut disampaikan, untuk memproyeksikan apa yang akan terjadi dalam kurun waktu sepuluh atau dua puluh tahun ke depan, saat ini saja kita sedang menghadapi harga energi yang sangat fluktuatif. Oleh karena itu, sektor energi harus kita kelola dengan sebaik mungkin. Menghemat energi adalah salah satu cara untuk mempertahankan ketahanan energi di Indonesia.*(BNews)