Memaknai Peringatan Hari Ibu Melalui Pemeriksaan IVA Gratis

    0
    14

    FOTO: Ist 

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Dalam rangka menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bekerjasama dengan Panitia Peringatan Hari Ibu menggelar pemeriksaan deteksi dini kanker serviks melalui tes IVA, Jum’at (14/12/2018). Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini kanker serviks. Pemeriksaan IVA secara gratis ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memeriksakan payudara dan organ vitalnya.

    Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab Tanbu Hj. Mulyawati Rooswandi Salem menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi angka kematian pada wanita yang terserang penyakit kanker serviks.  Para peserta yang berpartisipasi juga mendapatkan edukasi sebagai langkah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pelaksanaan hidup sehat. “Agar rangkaian kegiatan menyambut Hari Ibu ke 90 menjadi lebih bermakna, maka pada peringatan kali ini kami menggelar kegiatan Bhakti Sosial diantaranya Tes IVA gratis,” kata Hj. Mulyawati. 

    Terkait kegiatan tes IVA, sebutnya, sangatlah penting untuk dilakukan para perempuan. Mengingat kanker leher rahim atau serviks merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada perempuan. Tes IVA gratis ini dilaksanakan di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Batulicin. Kegiatan yang digelar selama 1 (satu) hari ini melibatkan instansi terkait yakni Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. 

    Dengan terselenggaranya pemeriksaan IVA untuk deteksi dini kanker serviks diharapkan mampu meminimalisir penderita kanker serviks dan mendapatkan pengobatan sedini mungkin.*(BNews)