Pengawasan Makanan Diperketat Jelang Natal dan Tahun Baru

    0
    2

    FOTO : Ist 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Kantor Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pengawasan produk pangan. Hal ini untuk memastikan tidak adanya makanan yang mengandung zat berbahaya yang diperjualbelikan. “Kegiatan pengawasan produk pangan merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala BPOM terkait pengawasan produk pangan jelang Natal dan tahun baru, agar terhindar dari bahan makanan yang berbahaya,” kata , Beni Ismayandi selaku Plh Kepala Kantor BPOM Tanah Bumbu, Kamis (13/12/2018).

    Kegiatan pengawasan ini melibatkan beberapa instansi Pemkab Tanah Bumbu seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Satpol PP Damkar. 

    Beni juga menyampaikan, sasaran dari kegiatan ini adalah sarana distribusi pangan di Tanah Bumbu, salah satunya yaitu Pasar Tradisional Pagatan dan agen/distributor produk pangan. Dari hasil pengawasan yang dilakukan, ada beberapa pedagang yang masih mengedarkan produk pangan yang kadaluarsa dan rusak kemasannya seperti produk bumbu masakan dan kopi sachet. Petugas juga mendapati beberapa produk pangan yang masih tidak terdaftar di BPOM maupun Pemerintah Daerah. 

    Lebih lanjut diterangkan, sidak kali ini hanya memberikan peringatan kepada para pemilik toko yang tidak mengikuti standarnya. Namun rencananya, petugas akan terus melakukan sidak hingga menjelang perayaan natal dan tahun baru 2019 mendatang. Pihak Petugas Pengawasan Pangan juga meminta tandatangan disurat pernyataan agar distributor dan pelaku usaha untuk tidak mengedarkan produk pangan yang tidak memenuhi syarat edar tersebut. *(BNews)