8 Sekolah di Tanbu Terima Piagam Adiwiyata

    0
    7

    FOTO : Ist    

    BANJARBARU, BalarindangNews.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan Piagam Adiwiyata Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018 kepada delapan sekolah tingkat SD, SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Penghargaan diserahkan Gubernur Kalimantan Selatan diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, di Banjarbaru, Senin (31/12).

    Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup (BLH) dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Adapun ke delapan sekolah yang mendapat piagam penghargaan Adiwiyata antara lain SMAN 1 Kusan Hilir, SMKN 2 Simpang Empat, SMPN 3 Kusan Hilir, SMPN 2 Simpang Empat, SMPN 2 Batulicin, SMPN 2 Satui, SDN 1 Manunggal, dan SMAN 1 Satui. 

    Kepala DLH Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo, melalui Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Siti Fatimah menyampaikan, melalui program ini setiap warga di lingkungan pendidikan diharapkan turut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.“Sekolah Adiwiyata tujuannya adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tatakelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” kata Fatimah. 

    Sementara itu, terkait penghargaan Adiwiyata Tingkat Kalsel Tahun 2018, maka total Sekolah Adiwiyata di Tanah Bumbu sebanyak 38 Sekolah Adiwiyata Kabupaten, 22 Sekolah Adiwiyata Provinsi, dan 7 Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Sedangkan untuk target 2019, Pemkab Tanbu melalui DLH kembali mengusulkan sebanyak 6 nominasi Sekolah Adiwiyata Kabupaten untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Provinsi dan mengusulkan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional sebanyak 10 sekolah. Selain itu juga diusulkan 2 Sekolah untuk Adiwiyata Mandiri Nasional.*(BNews)