Sekda Minta PNS Hindari Semua Tindakan Korupsi

    0
    7

    FOTO : Ist 

    BATULICIN, BalarindangNews.com – Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan aparatur negara yang memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah. PNS adalah kader dalam birokrasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan maupun peran dalam tata kelola pemerintahan yang baik. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, S. Sos, MM saat memberikan sambutan pada pelaksanaan sumpah ASN di Kantor Bupati Tanah Bumbu, kawasan jalan Dharma Praja Gunung Tinggi, Rabu (02/01/2018).

    Sebagai pegawai negeri sipil, rentan terhadap perilaku atau tindakan korupsi. Oleh karena itu, Sekda berharap agar seluruh pegawai menghindari hidup yang bermewah mewahan, karena hidup berlebihan justru akan menjadi sumber permasalahan dari gratifikasi maupun korupsi.“Sebagai komitmen terhadap pelayanan tersebut PNS jangan melakukan tindak korupsi yang akan merugikan masyarakat. Kerena bentuk korupsi bukan saja penyalahgunaan keuangan negara, penyalahgunaan jabatan juga termasuk korupsi, suap menyuap bahkan korupsi waktu yang kita anggap biasa juga berdampak bagi kerugian masyarakat,” terang Rooswandi. 

    Terjadinya tindak korupsi maupun gratifikasi dikarenakan rendahnya moralitas ASN, sehingga meskipun oknum tersebut mengetahui hukum tetapi karena berniat korupsi maka terjadilah korupsi. Dengan moralitas yang baik, tentunya segala tindakan yang mengarah pada penyalahgunaan anggaran maupun wewenang serta kebijakan tentunya akan dapat diminimalisir, sehingga pelayanan kepada masyarakat benar-benar terwujud berlandaskan kejujuran dan pengabdian. “Kepentingan umum harus dilandasi etika moral, kejujuran, keikhlasan dan kualitas diri,” katanya.*(BNews)