Tanbu Menuju Zona Bebas Korupsi

    0
    3

    FOTO : Ist 

    BATULICIN, BalarindangNews.com – Kabupaten Tanah Bumbu kembali meraih prestasi gemilang di bidang pencegahan korupsi. Hal tersebut terungkap saat Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu (Tanbu) H. Rooswandi Salem, S. Sos, MM memberikan sambutan usai senam rutin jum’at pagi, di halaman kantor Bupati Tanah Bumbu. “Hasil dari aksi KPK ini merupakan prestasi luar biasa bagi Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka menciptakan pemerintahan yang Good Goverment dan Clean Goverment,” kata Sekretaris Daerah Kab. Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, S. Sos, MM di halaman Kantor Bupati Tanbu, Jum’at (04/01/2019).

    Rooswandi menerangkan, Tim Pencegahan Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsubgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menempatkan Kabupaten Tanah Bumbu masuk 10 besar se Indonesia dalam pencegahan korupssi. Saat ini, pemerintah daerah sudah melakukan berbagai langkah dan strategi untuk mendukung aksi KPK dalam mendorong pencegahan korupsi di Indonesia. “Ini didasari melalui 8 area intervensi yang menjadi tolak ukur pencegahan yaitu perencanaan, penganggaran, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, manajeman ASN, Dana Desa serta manajemen aset daerah,” paparnya. 

    FOTO : Ist 

    Secara terpisah, Inspektorat Kab. Tanah Bumbu Ikhsan Budiman, saat ditemui diruang kerjanya menyatakan, masuknya Kabupaten Tanah Bumbu dalam nominasi Korsubgah ini adalah hasil rilis KPK ditiap triwulan. “Diharapkan pada triwulan berikutnya nominasi itu akan meningkat dan mendapat peringkat yang lebih baik dari sekarang,” tandasnya. 

    Dengan demikian maka perlu dibangun komitemen bersama untuk membantu aksi KPK dalam pencegahan korupsi seiring berjalannya roda pemerintahan di tingkat daerah. Selain itu, kita semua harus konsisten memberantas korupsi di semua tingkatan melalui penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang baik, bersih, transparan, akuntabel, dan profesional, serta pengelolaan keuangan daerah secara efisien dan efektif. Sehingga Tanah Bumbu dapat dikategorikan menjadi kabupaten yang menuju zona benas korupsi.*(BNews)