Kadinkes Tanbu Himbau Masyarakat Sadar Pentingnya Jaminan Kesehatan

    0
    4

    Kepala Dinas Kesehatan Tanbu Drs. H. M. Damrah, S. Sos, M. Si. (FOTO : BNews) 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Banyaknya masyarakat Tanah Bumbu (Tanbu) yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan menjadi perhatian khusus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu). Pihaknya menghimbau agar masyarakat Tanbu segera mendaftarkan kepesertaan BPJS Kesehatan, “kesadaran akan pentingnya kesehatan perlu ditanamkan, dengan memiliki jaminan kesehatan masyarakat miskin  tidak takut jika akan berobat. Maka dari itu saya himbau, masyarakat untuk segera ikut kepesertaan BPJS Kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Tanbu Drs. H. M. Damrah, S. Sos, M. Si, di Batulicin, Rabu (09/01/2019).

    Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam menjamin akses dan layanan kesehatan bagi masyarakat. Melalui kepesertaan BPJS Kesehatan, nantinya masyarakat yang akan berobat memiliki jaminan pelayan kesehatan tanpa takut biaya. Khusus masyarakat miskin bisa mengajukan permohonan tidak mampu bila ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan, iuran akan dijamin pemerintah, sehingga akses kesehatan bagi maayarakat kurang mampu akan teratasi. 

    Meski memiliki banyak kenyamanan, H. Damrah tidak memungkiri rendahnya kesadaran masyarakat Tanah Bumbu dalam mengikuti kepesertaan BPJS Kesehatan, sejumlah fakta dilapangan juga terkesan tidak menerapkan prinsip dasar akan gotong royong dalam bidang kesehatan. Opini publik juga terlanjur digiring menuju hal negatif akan buruknya pelayanan kesehatan yang pembayarannya dikelola melalui BPJS Kesehatan. Namun pihaknya juga tetap optimis, mengingat sejumlah stekholder yang terkait dalam mensukseskan JKN berupaya semaksimal mungkin mencari solusi untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.*(BNews)