Penghargaan Adipura Merambah ke Tanah Bumbu

    0
    11

    Untuk pertama kalinya Kabupaten Tanah Bumbumenerima peghargaan Adipura Kategori Kota Kecil. (FOTO : Ist) 

    JAKARTA, BalarindangNews.comBupati Tanah Bumbu (Tanbu) H. Sudian Noor menerima penghargaan Piala Adipura Kategori Kota Kecil Kota Kecil Tahun 2018, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti,  Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yang didampingi Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya Bakar.

    Penghargaan ini terasa sangat istimewa bagi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu pada kepemimpinan Bupati H Sudian Noor. Penghargaan ini menjadi prestasi yang membaggakn karena baru pertama diraih dan telah dinanti-nantikan selama 15 tahun oleh Kabupaten hasil pemekaran ini. 

    Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, yang dikonfirmasi rekan – rekan media usai menerima penghargaan Adipura, mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pemkab Tanbu dan seluruh lapisan masyarakat, dan dunia usaha yang berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan sehingga Tanah Bumbu meraih penghargaan Adipura tahun 2018. “Penghargaan ini dapat diraih karena kerja keras dan partisipasi aktif dari masyarakat Tanah Bumbu yang menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan adalah sebagian dari iman, berarti orang beriman sudah tentu wajib menjaga kebersihan lingkungannya, terlebih lagi menjaga kebersihan hati,” kata Bupati. 

    Penghargaan Adipura ini dipersembahkan untuk masyarakat Tanah Bumbu yang turut serta menciptakan lingkungan bersih, indah, dan nyaman. Untuk terus meningkatkan prestasinya tersebut, kedepannya pemerintah akan mengeluarkan peraturan pembatasan penggunaan kantung plastik sekali pakai, sebagai upaya pengurangan jumlah sampah yang lambat terurai. 

    Secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanbu Rahmat Prapto Udoyo yang turut mendampingi Bupati menyampaikan penghargaan Adipura tersebut menyampaikan, Kabupaten Tanah Bumbu telah menggunakan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan teknik Sanitary Landfield dan pada tahun 2018 lalu telah diterbitkan Peraturan Bupati tentang Kebijakan dan Strategi Daerah dalam hal pengurangan dan penanganan sampah. Dimana pada tahun 2025 ditargetkan pengurangan sampah sebanyak 30% dan penanganannya sebesar 70% sehingga sampah yang dikelola jumlahnya 100%. 

    Dengan membudayakan masyarakat yang sadar terhadap kebersihan lingkungan adalah hal penting yang harus terus digalakkan, pemerintah juga akan berupaya memberikan contoh dan stimulan bagi masyarakat. Selain itu, pemerintah kabupaten Tanbu ke depan akan terus melakukan perbaikan dan pembinaan terkait pengelolaan sampah dan upaya kebersihan lingkungan lainnya di Tanbu.*(BNews)