BBI Pulau Salak Siapkan Ribuan Benih Udang Galah

    0
    22

    FOTO : Ist 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Komoditas udang merupakan salah satu komoditas unggulan perikanan budidaya karena memiliki potensi sebagai sumber peningkatan perekonomian daerah dan pembudidaya, sekaligus pasar domestik dan global yang masih terbuka lebar. Hal tersebut yang dipertahankan oleh BBI (Balai Benih Ikan) Pulau Salak, Kab Tanah Bumbu.

    Pembudidayaan udang jenis udang galah menjadi komoditas unggulan dalam BBI Pulau Salak. Hal itu juga didukung banyaknya pesanan dari berbagai daerah yang akhirnya berdampak pada peningkatan ekonomi pembudidaya. Adapun pesanan tersebut diantaranya pembudidaya di Martapura Kabupaten Banjar, Balai Benih Air Tawar Mandiangin, Pembudidaya Berau Kalimantan Timur, dan Pembudidaya lokal Kabupaten Tanah Bumbu. 

    Kepala UPTD BBI Pulau Salak, M Rizwan, saat dikonfirmasi rekan rekan media membenarkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pesanan benih udang dari berbagai daerah yang dikirim Februari dan Maret. “Saat ini yang sudah siap ada sebanyak 4.000 benih untuk dikirim ke pembudidaya di Sungai Sipai Martapura. Untuk pesanan lainnya kami sedang melakukan proses penetasan sebanyak 200 ribu benih udang galah. Dari hasil penetasan diperkirakan akan menghasilkan 50 ribu benih siap jual untuk memenuhi pesanan dari pembudidaya.” terang Riswan, Kamis (07/02/2019) di BBI Pulau Salak, Kecamatan Kusan Hilir. 

    Untuk menuju usaha budidaya udang yang berdaya saing dan berkelanjutan, perlu memperhatikan tiga aspek utama yaitu teknologi, social ekonomi dan budidaya ramah lingkungan. Teknologi perlu diterapkan dalam berbudidaya udang untuk mencapai efisiensi dan meningkatkan kualitas produksi udang yang berkelanjutan. Kemudian yang perlu diperhatikan adalah peningkatan pendapatan daerah.*(BNews)