Jum’at Bersih Fokuskan Pencegahan Penyakit DBD

    0
    7

    Camat Sungai Loban, Samsir, SE, MAP turun langsung dalam kegiatan Jum’at Bersih untuk mewujudkan kebersihan lingkungan sekaligus pemberantasan sarang nyamuk guna mencegah penyakit DBD. (FOTO : Ist) 

    SUNGAI LOBAN, BalarindangNews.com – Pemerintah Kecamatan Sungai Loban menggelar kegiatan rutin Jum’at Bersih dan dalam rangka Pemberantasan Sarang Nyamuk di Desa Kerta Buwana, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tamah Bumbu, Jum’at (08/02/2019).

    Kegiatan Jum’at bersih digelar bersama Lintas Sektoral yakni para petugas dari Puskesmas Sebamban 1, Petugas Kesehatan dan Bidan Desa, Penyuluh Pertanian PPL BPP, Camat Sungai Loban Samsir SE, MAP dan Ketua TP PKK Kecamatan Ny Hardianti Samsir beserta pejabat yakni Sekcam Mutawally, SE, Kasi Pemmas Kessos M Irfani M.Pd dan staf Kantor Kecamatan.

    Kegiatan ini didukung dan dilaksanakan Kades Kerta Buwana, Wayan Katon bersama aparatur desa, BPD dan Perangkat Desa serta masyarakat berlokasi di Jalan Kabupaten yang melintasi desa, sarana umum dan area Kantor Desa, serta lapangan desa. 

    Camat Sungai Loban, Samsir, SE, MAP dalam kesempatan Gotong Royong tersebut menyampaikan himbauan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan apalagi saat ini mulai mewabahnya penyakit demam berdarah DBD. Dalam rencana pembangunan program kesehatan, pencegahan dan penanggulangan penyakit merupakan salah satu kunci pokok dari perilaku sehat dan pemberdayaan masyarakat serta sebagai salah satu indikator perilaku hidup bersih dan sehat. “Pelaksanaan Jumat Bersih ini merupakan sebuah upaya kita bagi masyarakat untuk tetap giat dan semangat dalam mewujudkan lingkungan bersih sekaligus  pemberntasan sarang nyamuk dalam rangka penanggulangan penyakit DBD,” terangnya. 

    Sementara itu, Petugas Kesehatan Puskesmas Sebamban 1 yang berhadir turut mensosialisasikan pencegahan DBD dengan cara 3M+ yakni Menguras, Menutup, dan Menimbun/mengubur. Plus (+) dengan memakai kelambu atau pelindung dari gigitan nyamuk, kemudian bisa menaburkan bubuk abate di air. Sesuai informsasi Petugas Kesehatan, Bubuk Abate bisa didapat di Puskesmas Sebamban 1.*(BNews)