Mewujudkan Keberhasilan Tata Kelola Pemerintahan Melalui Musrenbang

    0
    21

    Musrenbang RKPD pertama dilaksanakan di Kecamatan Simpang Empat yang berlangsung di ruang rapat kantor Kecamatan. (FOTO : Ist) 

    TANAH BUMBU, BalarindangNews.com – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 tingkat Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang menjadi wadah sekaligus  proses perencanaan  pembangunan dari bawah di gelar mulai tanggal 04 s/d 21 Maret 2019. Pelaksanaan Musrenbang RKPD pertama dilaksanakan di Kecamatan Simpang Empat yang berlangsung di ruang rapat kantor Kecamatan, Senin (04/03/2019) dan dihadiri langsung oleh Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor.

    Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor dalam arahannya mejelaskan, musrembang adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi terkait perencanaan pembangunan di desa/kelurahan diwilayahnya.“Forum musrenbang ini menjadi wadah untuk sinkronisasi penyamaan persepsi tentang perencanaan pembangunan dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, hingga Kabupaten,” katanya. 

    Sebagai sebuah proses  tahunan, Musrenbang digelar dalam rangka menangkap aspirasi dan kebutuhan  masyarakat sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan terkini. Program kerja yang disusun agar hendaknya benar-benar memperhatikan kebutuhan masyarakat akan sentuhan pembangunan, namun tidak hanya dari pembangunan fisik namun juga pembangunan lainnya. Musrenbang Kecamatan sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari sistem perencanaan  pembangunan daerah diselenggarakan  guna mewujudkan tata kelola  kepemerintahan yang baik. Oleh karena itu  penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan harus  didasarkan  pada  asas kepastian hukum, asas tertib penyelenggaraan, asas kepentingan umum, asas keterbukaan, asas proporsionalitas, asas profesionalitas dan asas akuntabilitas. 

    Musrenbang juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Rahmadi, Kepala Dinas Pertanian H Setia Budi, Kepala Dinas PUPR H. Ansyari Firdaus, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H. Ambo Sakka, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rahmat Prapto Udoyo, Kepala Dinas Sosial Basuni, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Mahriyadi Noor, Camat Simpang Empat Ferdi Yospi bersama unsur Muspika, Para lurah dan Kepala Desa beserta perangkat, serta sejumlah pejabat SKPD di lingkup Pemkab Tanbu.*(BNews)